Inilah 7 Pasar Terapung Paling Unik di Asia yang Masih Beroperasi Hingga Sekarang


Floating Market atau disebut juga Pasar terapung merupakan salah satu destinasi wisata unik yang banyak di temui di sungai-sungai di kawasan Asia, terutama Asia Tenggara seperti Indonesia.

Berwisata ke pasar terapung merupakan salah satu pengalaman yang sangat menyenangkan, karena selain melihat pemandangan alam yang indah, pengunjung yang datang ketempat tersebut juga bisa sekaligus berbelanja berbagai macam kebutuhan pokok dan juga barang kerajinan tangan yang hanya bisa di temui di tempat itu.

Tidak banyak pasar terapung yang masih beroperasi di jaman moderen seperti sekarang, namun ada beberapa yang masih bertahan, salah satunya pasar terapung Lok Baintan yang ada di Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar ini masih beroperasi sampai sekarang, meskipun pasar Lok Baintan ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar dari tahun 1520 hingga 1860 masehi.

Selain pasar Lok Baintan di Indonesia, ternyata ada beberapa pasar terapung lain di Asia yang masih beroperasi hingga sekarang, dan semuanya mendapat predikat sebagai pasar terapung terindah. Dimana saja dan seperti apa wajah pasar terapung yang masih ada saat ini? Berikut 7 pasar terapung terindah yang ada di Asia



Pasar Terapung Lok Baintan - Indonesia

Pasar Terapung Lok Baintan via Wikipedia

Pasar yang berlokasi di Desa Sungai Pinang (Lok Baintan), Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar ini merupakan satu dari sekian banyak pasar apung di Indonesia yang sampai saat ini masih beroperasi. Pasar ini biasa buka setiap hari jumat mulai pukul 6 sampai dengan pukul 9 pagi.

Untuk menuju ke pasar terapung Lok Baintan ini, kamu bisa menggunakan perahu atau kelotok melewati jalur sungai Martapura dari Banjarmasin. Di pasar ini kamu bisa membeli berbagai kebutuhan pokok, seperti beras, daging, sayur, buah-buahan dan yang tak ketinggalan kamu juga bisa mencicipi jajanan khas kota Banjar yaitu Kelepon Martapura dan Kue Bingka.



Pasar Terapung Damnoen Saduak - Thailand

Pasar Terapung Damnoen Saduak via Shutterstock

Pasar terapung yang memiliki sebutan Venesia dari Asia ini menjadi salah-satu pasar apung terbaik yang ada di Asia. Di Pasar Terapung Damnoen Saduak, kamu bisa mendayung di seputar kanal yang disebut Khlongs dan mengunjungi pasar-pasar kecil lain yang ada di komplek tersebut, seperi Ton Khem, Hia Kui, dan Khun Phitak. 

Untuk bisa menuju kesana, wisatawan bisa menaiki kendaraan umum seperti bus atau taksi sekitar satu setengah jam perjalanan dari kota Bangkok. Sesampainya di pelabuhan, wisatawan bisa menyewa perahu untuk bisa menyusuri seluruh komplek pasar dengan membayar 1500 bath atau Rp 600rb. Disini, pengunjung bisa membeli berbagai macam produk lokal seperti jajanan khas, keramik cinderamata, hiasan rumah, dan kerajinan tangan lain. 



Pasar Terapung Dal Lake - India

Pasar Terapung Dal Lake via Reuters

Pasar terapung yang berada di atas danau ini biasanya hanya berlangsung selama dua jam dalam sehari. Pedagang yang berjualan di pasar apung ini biasanya berasal dari wilayah yang ada di sekitar danau, mereka sengaja datang ke pasar tersebut untuk menjual hasil bumi mereka.

Saat datang ke pasar ini, pengunjung bisa membeli bahan makanan terutama sayur-mayur dengan harga yang sangat murah, karena sayuran yang mereka jual biasanya mereka tanam di sekitar danau. Biasanya, Pedagang menempatkan barang-barang yang akan mereka jual di atas "shikara" yaitu sejenis perahu yang terbuat dari kayu utuh.



Pasar Terapung Amphawa - Thailand

Pasar Terapung Amphawa via Getty Images

Satu lagi pasar terapung dari Thailand yang terkenal, Pasar ini bernama Amphawa. Meski tidak sebesar dan seterkenal Damnoen Saduak, Amphawa menjadi salah satu pasar yang paling banyak dikunjungi oleh warga lokal terutama bagi pencinta makanan laut, karena disini banyak di temui penjual ikan segar yang datang dari berbagai daerah sekitar kawasan Amphawa.

Untuk mengunjungi pasar terapung ini, wisatawan asing yang datang dari Bangkok bisa menggunakan bus menuju ke pelabuhan sungai Mae Khlong, memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan membayar 80 baht atau setara Rp 35rb. Pasar yang buka setiap Jumat, Sabtu dan Minggu ini menjual berbagai macam makanan laut, terutama kerang dan cumi-cumi, selain itu juga disini banyak ditemui penjual cindera mata dan berbagai macam benda unik karya warga lokal.



Pasar Terapung Cai Rang - Vietnam

Pasar Terapung Cai Rang via Getty Images

Pasar yang terletak di sungai Mekong ini adalah yang terbesar dan paling terkenal dibandingkan pasar apung lain di Vietnam. Pasar ini menjadi pusat grosir bagi para penjual untuk saling bertukar barang dagangannya. Disini para penjual akan menaruh barang dagangan mereka di atas bilah panjang agar para pengunjung bisa dengan mudah memilih barang yang akan mereka beli.

Untuk menuju ke sana, wisatawan dari Kota Can Tho bisa menggunakan moda transportasi darat seperti bus maupun langsung menggunakan perahu. Disana, pengunjung bisa membeli berbagai macam produk olahan lokal seperti Pho, Hu Tieu dan kopi khas Vietnam.



Pasar Terapung Inle Lake - Myanmar

Pasar Terapung Inle Lake via Getty Images

Masih di Asia Tenggara, pasar yang berada di sebuah danau di Myanmar ini sedikit berbeda dengan pasar apung yang lain, karena lokasinya tersebar di beberapa lokasi, beberapa di antaranya yaitu Taunggyi, Nyaungshwe, Minethauk, Heho, dan juga Shwenyaung. Semua pasar itu masih dalam satu area danau, namun barang yang di jual di masing-masing pasar tersebut berbeda satu dengan yang lain.

Perjalanan menuju ke pasar ini tidak begitu sulit karena lokasinya berada di tengah Myanmar sehingga berbagai moda transportasi seperti bis, kereta dan sepeda sewa banyak tersedia. Sperti pasar terapung pada umumnya, barang yang di jual disini di dominasi oleh bahan makanan seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan juga makanan khas lokal.



Pasar Terapung Aberdeen - Hongkong

Pasar Terapung Aberdeen via Top China Travel

Berbeda dengan pasar terapung pada umumnya yang hanya buka di hari-hari tertentu, pasar Aberdeen ini justru tidak pernah tutup, karena penjual yang ada di pasar ini setiap harinya juga tinggal di atas perahu. Karena hal itulah banyak turis asing yang menyebut Aberdeen sebagai desa terapung moderen.

Desa terapung Aberdeen terdiri lebih dari 600 kapal yang menjadi rumah bagi 6.000 penduduk, dan mayoritas penghuni desa tersebut berasal dari suku Tanka, yaitu suku pendatang yang tiba di Hong Kong pada abad ke 7-9 masehi. Di pasar tersebut kamu akan menemukan banyak restoran seafood yang menyajikan makanan laut bergaya Kanton.

COMMENTS

Name

aneh,2,berita,32,fakta,7,hiburan,3,kesehatan,7,kuliner,1,lifestyle,28,misteri,1,mitos,1,motivasi,2,olahraga,11,otomotif,5,sains,6,Sejarah,2,tekno,7,travel,6,unik,12,viral,8,
ltr
item
Wralr: Inilah 7 Pasar Terapung Paling Unik di Asia yang Masih Beroperasi Hingga Sekarang
Inilah 7 Pasar Terapung Paling Unik di Asia yang Masih Beroperasi Hingga Sekarang
Floating Market atau disebut juga Pasar terapung merupakan salah satu destinasi wisata unik yang banyak di temui di sungai-sungai di kawasan Asia, terutama Asia Tenggara seperti Indonesia
https://3.bp.blogspot.com/-jvqGGb6Aup4/WdSmkIMGd2I/AAAAAAAAApk/Jvut9NtoPtcYMWx-ZdZTPu-y5PhKxt9XACEwYBhgL/s640/PASAR%2BTERAPUNG%2BTERINDAH%2BDI%2BASIA.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-jvqGGb6Aup4/WdSmkIMGd2I/AAAAAAAAApk/Jvut9NtoPtcYMWx-ZdZTPu-y5PhKxt9XACEwYBhgL/s72-c/PASAR%2BTERAPUNG%2BTERINDAH%2BDI%2BASIA.jpg
Wralr
http://www.wralr.com/2017/10/inilah-7-pasar-terapung-paling-unik.html
http://www.wralr.com/
http://www.wralr.com/
http://www.wralr.com/2017/10/inilah-7-pasar-terapung-paling-unik.html
true
159681224339461331
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy