21 Insiden Paling Kontroversial Dalam Sejarah Sepak Bola


Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling populer dibandingkan dengan olahraga lain di dunia. Hampir seluruh negara di dunia menjadikan sepak bola sebagai olahraga utama, termasuk di Indonesia.

Banyak momen menarik yang bisa kamu dapat dari menonton pertandingan sepak bola, mulai dari momen indah dengan kemenangan, kecewa karena kekalahan, bahkan momen menegangkan sepeti insiden kontroversial yang terjadi selama pertandingan.

Seperti apa insiden kontroversial yang pernah terjadi selama pertandingan sepak bola dari seluruh dunia? Berikut adalah 21 insiden paling kontroversial dalam sejarah sepak bola


Hormat ala Nazi di Canio
© Vittorio La Verde/Rex Features

Saat masih memperkuat Lazio, Paolo Di Canio melakukan selebrasi 'hormat ala Nazi' kepada pendukung tuan rumah. Namun, ia hanya dihukum dilarang bertanding satu kali saja. Setelah itu, ia hanya berkata, "saya fasis, tapi bukan rasis".

Perkelahian Kieron Dyer dan Lee Bowyer
© Getty Images

Insiden paling aneh yang terjadi di sepak bola Inggris, dimana dua pemain Newcastle (Kieron Dyer dan Lee Bowyer) terlibat dalam pertengkaran dengan tim sendiri. Pada akhirnya wasit mengganjar keduanya dengan kartu merah.


Bahasa tubuh 'Quenelle' oleh Anelka
© Catherine Ivill/AMA/Matthew

Saat masih memperkuat West Ham United, Nicolas Anelka didenda sebesar $ 120,000 atas selebrasinya yang dikenal sebagai 'Quenelle'. Gestur tubuhnya tersebut dinilai mirip dengan gerakan anti-Yahudi.


Sheikh Kuwait Menganulir Gol di Piala Dunia 1982
© Associated Press

Saat dikalahkan Prancis pada Piala Dunia 1982 silam, seorang Sheikh asal Kuwait (Sheikh Fahad Al-Ahmad Al-Sabah) menganggap salah satu gol yang dicetak oleh Prancis tidak sah. Namun akhirnya, wasit asal Ukraina, Miroslav Stupar, yang memimpin pertandingan, menyerah pada keinginan Sheikh dan menganulir gol tersebut. Kendati demikian, keputusan tersebut tidak terlalu berpengaruh sebab Prancis menang 4-1 atas Kuwait di pertandingan tersebut.


Benturan Mematikan Harald Schumacher dengan Patrick Battiston
© Associated Press

Pada semifinal piala dunia 1982, saat Prancis bertemu Jerman, terjadi benturan hebat antara kiper Jerman Harald Schumacher dengan Patrick Battiston (Prancis).

Kejadian bermula saat Schumacher menerjang bola dan mengarahkan tangannya ke kiri atas untuk menghalau bola. Sang kiper tak berhasil merebut bola, tapi lengan kanannya mengenai kepala Battiston. Benturan keras di antara kedua pemain mengakibatkan Battiston terjatuh.

Pemain Prancis itu tampak tak bergerak di lapangan dengan dua gigi depannya patah dan tulang punggung retak. Ia pun harus menerima bantuan oksigen. Prancis akhirnya kalah dari Jerman lewat adu tendangan penalti dalam pertandingan tersebut.


Gol 'Tangan Tuhan' Maradona
© Associated Press

Gol kontroversional Maradona saat Argentina melawan Inggris di Piala Dunia 1986 lalu masih terus diingat hingga kini. Menurut kantor berita Jerman, DPA, hal tersebut adalah 'skandal abad ini'.

Dalam tayangan ulang terlihat Maradona memukul bola agar masuk ke dalam gawang Inggris.


Brian Clough Tampar Fans Sendiri
© Jeremy Young/REX

Pelatih Nottingham Forest, Brian Clough dikenal sebagai seorang yang cukup tempramental. Pada Januari 1989, ia memukul fans yang merayakan kemenangan atas Queens Park Rangers dengan masuk ke lapangan.

Akhirnya ia dijatuhi hukuman larangan mendampingi Forest di sejumlah pertandingan.


 Rijkaard Meludahi Voller Pada Piala Dunia 1990
© Martina Hellmann/dpa/Corbis

Saat Belanda berhadapan dengan Jerman di piala dunia 1990, Rudi Voller (Jerman) melakukan tekel keras terhadap Rijkaard. Dengan marah, Rijkaard meludahi Voller tepat di kepalanya. Akhirnya, wasit pun memberikan kartu merah kepada kedua pemain tersebut.


Tendangan Kung-Fu Eric Cantona ke Fans Crystal Palace
© Rex Features

Kejadian pada Januari 1995 ini cukup terkenal saat bintang MU, Eric Cantona, melayangkan tendangan kepada fans Crystal Palace, Matthew Simmonds, yang disebut telah melakukan pelecehan rasial terhadap sang bintang saat pertandingan berlangsung.


Pelatih Galatasaray Menancapkan Bendera Timnya di Lapangan Fenerbahce
© Associated Press

Pada laga final Piala Turki 1996 lalu, Galatasaray berhasil menaklukkan Fenerbahce di Stadion Sukru Saracoglu (markas Fenerbache). Setelah pertandingan berakhir, Graeme Souness (pelatih Galatasary kala itu) berlari ke lapangan kemudian menancapkan bendera Galatasaray di stadion kebanggan Fenerbahce itu.

Insiden tersebut membuat Souness dijuluki ‘Ulitbali Souness’. Ulibati diambil dari nama pahlawan nasioinal Turki, Ulibati Hasan, yang terbunuh saat ia menancapkan bendera Ottoman dalam Pertempuran Konstatinopel pada 1453 silam.


Paolo Di Canio Mendorong Wasit Pada 1998
© Getty Images

Awal karir kepelatihan Paulo Di Canio memang tidak terlalu bagus, walaupun ia merupakan tipikal ganas saat masih menjadi pemain. Saat menjadi manager tim Sheffiled Wednesday, ia pernah mendorong jatuh wasit Paul Alcock di pertandingan melawan Arsenal.

Insiden tersebut membuatnya harus membayar denda sebesar $ 15.000 dan larangan mendampingi timnya bertanding sebanyak 11 kali.


Estonia Tolak Melawan Skotlandia di Kualifikasi Piala Dunia 1998
© Getty Images

Estonia melawan Skotlandia sebagai protes karena FIFA mengundur waktu pertandingan dari pukul 15:00 menjadi 18:45.

FIFA mengubah waktu pertandingan karena kualitas lampu sorot yang buruk. Akhirnya, tim Skotlandia terbang menuju Estonia untuk menjalani pertandingan tersebut.


Rivaldo Pura-pura Cedera Saat Melawan Turki di Piala Dunia 2002
© AFP/Getty Images

Saat bersiap mengambil tendangan penjuru, Rivaldo (Brazil) berpura-pura cedera dengan menutupi wajahnya saat pemain Turki, Hakan Unsal, melewati dirinya. Padahal bola hanya mengenai lututnya. Insiden tersebut membuat Unsal diberikan kartu merah.

Setelah insiden tersebut, Rivaldo didenda $ 7.750, namun diijinkan untuk bermain di laga final dan mengantarkan Brazil merebut titel juara bagi negaranya.


Gol Hantu: Liverpool VS Chelsea dan Reading VS Watford
© AFP/Getty Images

Liverpool VS Chelsea
Kemenangan Liga Champion Liverpool yang terkenal tahun 2005 tidak akan pernah terjadi jika bukan karena kesalahan wasit. Bermain melawan Chelsea di Anfield, The Reds mendapat 'hadiah' gol dengan waktu kurang dari empat menit. Tayangan ulang menunjukkan bahwa bola tidak pernah melewati garis dan sisanya, seperti yang mereka katakan adalah sejarah.

Reading VS Watford
Di pertandingan menuju promosi ke Liga Premier Inggris pada 2008 silam, Reading berhadapan dengan Watford, dimana hasil imbang sudah cukup untuk Reading. Sebuah gol memalukan dihadiahkan kepada Reading, yang hasilnya membawa tim tersebut promosi ke kasta tertinggi liga sepak bola Inggris.


Empat Kartu Merah dan 16 Kartu Kuning Dalam Satu Pertandingan
© EPA

Saat Portugal bertemu Belanda di babak 16 besar Piala Dunia 2006 lalu, wasit asal Rusia, Valentin Ivanov, yang memimpin laga menghujani kedua tim dengan kartu.

Deco dan Costinha dari Portugal diganjar kartu merah, sementara Giovanni van Bronckhorst dan Khalid Boulahrouz dari Belanda menerima kartu yang sama.

Megabintang asal Portugal juga ditarik keluar dalam pertandingan tersebut akibat cedera. Mantan presiden FIFA, Sepp Blater mengatakan, "Wasit Rusia Valentin Ivanov harus diganjar kartu kuning untuk dirinya karena penampilan buruknya saat memimpin pertandingan tersebut."


Tandukan Zidane di Piala Dunia 2006
© AFP/Getty Images

Insiden terjadi saat bek Italia, Marco Materazzi, menghasut Zenedine Zidane (Prancis) dan berakhir dengan 'tandukan' kepala Zidane ke dada Materazzi. Prancis kalah dalam pertandingan tersebut, dan Zidane memutuskan untuk gantung sepatu setelahnya.


Handball Luis Suarez di Piala Dunia 2010
© Dylan Martinez/Newscom/Reuters

Pada perempat final piala dunia 2010 melawan Ghana, striker Uruguay, Luis Suarez meninju bola untuk menghadang laju bola ke gawang. Ghana mendapat hadiah penalti, sementara Suarez diusir dari lapangan.

Kemudian Asamoah Gyan (Ghana) gagal mengeksekusi penalti, dan Uruguay pun menuju semifinal.


Handball Thierry Henry di Kualifikasi Piala Dunia 2010
© AFP/Getty Images

Legenda Prancis, Thierry Henry jadi sasaran kemarahan pendukung Irlandia saat tangannya menyentuh bola dalam pertandingan Prancis vs Irlandia. Tidak hanya sekali, Henry menyentuh bola sebanyak dua kali sebelum mencetak gol dalam pertandingan tersebut.

Asosiasi sepak bola Irlandia melayangkan keluhan resmi kepada FIFA, namun keputusan wasit adalah final. Menurut Guardian, hari itu disebut sebagai 'tragedi nasional' oleh rakyat Irlandia.


Tendangan Karate Nigel De Jong di Final Piala Dunia 2010
© Associated Press

Perhelatan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dihiasi dengan sebuah insiden yang dikenal dengan 'tendangan karate' Nigel de Jong.

Insiden tersebut terjadi saat Belanda bertemu Spanyol, dimana kaki de Jong mendarat tepat di dada Xabi Alonso (Spanyol). Sayangnya wasit tidak melihatnya dan de Jong tetap bermain sebelum akhirnya diganti pada babak tambahan waktu.


Insiden Gigitan Luis Suarez
© REX

Tiga kali dalam karirnya, Luis Suarez tertangkap menggigit lawannya. Pertama, saat Suarez menggigit Otman Bakkal di Liga Belanda. Kedua, Branislav Ivanovic (Chelsea) saat Suarez masih di Liverpool. Ketiga, ia menggigit Giorgio Chiellini, saat Uruguay melawan Italia di Piala Dunia 2014.


Insiden Bendera di Laga Serbia VS Albania Pada 2014
© Associated Press

Laga kualifikasi Euro 2016 antara Serbia vs Albania dihentikan wasit saat suporter Serbia masuk ke lapangan.

Diawali ketika sebuah bendera yang sarat akan gambar kontroversional dibawa oleh sebuah drone melintas di atas lapangan. Pemain Albania langsung bereaksi dan berusaha mengamankan bendera tersebut. Namun, suporter tuan rumah sudah tersulut.

COMMENTS

Name

aneh,2,berita,32,fakta,7,hiburan,3,kesehatan,7,kuliner,1,lifestyle,28,misteri,1,mitos,1,motivasi,2,olahraga,11,otomotif,5,sains,6,Sejarah,2,tekno,7,travel,6,unik,12,viral,8,
ltr
item
Wralr: 21 Insiden Paling Kontroversial Dalam Sejarah Sepak Bola
21 Insiden Paling Kontroversial Dalam Sejarah Sepak Bola
Seperti apa insiden kontroversial yang pernah terjadi selama pertandingan sepak bola dari seluruh dunia? Berikut adalah 21 insiden paling kontroversial dalam sejarah sepak bola
https://1.bp.blogspot.com/-tMcHcPEq9lY/WfbbZj1vSvI/AAAAAAAAA7I/360kbyIvxmwwFXjo92hKoLvkIxsBsT0zgCLcBGAs/s640/21%2BInsiden%2BPaling%2BKontroversial%2Bdalam%2BSejarah%2BSepak%2BBola.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tMcHcPEq9lY/WfbbZj1vSvI/AAAAAAAAA7I/360kbyIvxmwwFXjo92hKoLvkIxsBsT0zgCLcBGAs/s72-c/21%2BInsiden%2BPaling%2BKontroversial%2Bdalam%2BSejarah%2BSepak%2BBola.jpg
Wralr
http://www.wralr.com/2017/10/21-insiden-paling-kontroversial-dalam.html
http://www.wralr.com/
http://www.wralr.com/
http://www.wralr.com/2017/10/21-insiden-paling-kontroversial-dalam.html
true
159681224339461331
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy