Gunung Agung Masuk Level Awas, Ribuan Warga Mulai Mengungsi ke Tempat Aman


Gunung Agung yang merupakan gunung api tertinggi dan teraktif di Bali kembali mengalami gempa vulkanik pada Jumat malam (22/9/2017). Gempa tersebut terjadi berkali-kali sepanjang hari hingga menyebabkan masyarakat yang berada di radius kuang dari 5 km malakukan evakuasi mandiri ke berbagai tempat aman, salah satu desa yang di evakuasi adalah Desa Temukus yang berjarak 2 km dari puncak gunung Agung.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Bali hingga Jumat (22/9/2017) pukul 13.00 Wib setidaknya terdapat 9.421 jiwa warga yang terdampak dan diungsikan ke tempat aman.

Mereka yang mengungsi adalah warga desa yang tinggal dalam radius 6 kilometer sampai 7,5 kilometer di sektor utara, tenggara, selatan-baratdaya dari puncak Gunung Agung seperti yang telah direkomendasikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Banyaknya gempa yang dirasakan pada jumat sore tersebut membuat masyarakat langsung mengungsi karena hal itu mengingatkan masa lalu saat Gunung Agung meletus pada tahun 1963 dengan ciri-ciri yang sama seperti sekarang.

"Pengungsi yang tersebar di 50 titik adalah dari Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Buleleng," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Kabupaten Karangasem menjadi daerah terbanyak yang mengungsi yaitu sebanyak 7.018 jiwa dan tersebar di 40 titik pengungsian, Kabupaten Buleleng ada 1.722 jiwa pengungsi di 8 titik, sedangkan Kabupaten Klungkung terdapat 2 titik pengungsian dengan 601 jiwa.

Masyarakat yang mengungsi menempati berbagai fasilitas umum seperti balai desa, gedung olahraga, lapangan dan lainnya. Ada juga beberapa yang memilih tinggal di rumah kerabatnya. Bantuan dari pemerintah mulai dikirim kepada pengungsi. Seperti makanan, air bersih, selimut, matras, sanitasi, MCK, layanan kesehatan dan lainnya.

Pengungsi Gunung Agung (Foto: Antara/Wira Suryantala)

Sutopo juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin mengumpulkan donasi, baik berupa barang maupun uang, agar disalurkan melalui satu pintu yaitu Posko Utama Satgas Siaga Darurat, yang beralamatkan di Dermaga Cruise Tanah Ampo, Manggis.

Sementara itu Kepala BNPB dan Menteri ESDM juga sudah tiba di Bali pada Jumat sore untuk melakukan koordinasi dengan Pemda Bali. Menteri ESDM Ignasius Jonan yang didampingi pejabat Kementerian ESDM termasuk Mbah Surono (pakar gunung api) telah mengunjungi Pos Pengamatan Gunungapi Agung di Rendang.

COMMENTS

Name

aneh,2,berita,32,fakta,7,hiburan,3,kesehatan,7,kuliner,1,lifestyle,28,misteri,1,mitos,1,motivasi,2,olahraga,11,otomotif,5,sains,6,Sejarah,2,tekno,7,travel,6,unik,12,viral,8,
ltr
item
Wralr: Gunung Agung Masuk Level Awas, Ribuan Warga Mulai Mengungsi ke Tempat Aman
Gunung Agung Masuk Level Awas, Ribuan Warga Mulai Mengungsi ke Tempat Aman
Gunung Agung mengalami gempa vulkanik pada Jumat malam, sebanyak 9.421 jiwa yang tersebar di 50 titik mulai diungsikan ketempat aman
https://1.bp.blogspot.com/-XSnogGTLiGA/WcW-IqvBYcI/AAAAAAAAAbw/PeagQ04VMIEdjVay2EZfPSxEXkEryTqbACLcBGAs/s640/gunung%2Bagung%2Berupsi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XSnogGTLiGA/WcW-IqvBYcI/AAAAAAAAAbw/PeagQ04VMIEdjVay2EZfPSxEXkEryTqbACLcBGAs/s72-c/gunung%2Bagung%2Berupsi.jpg
Wralr
http://www.wralr.com/2017/09/gunung-agung-masuk-level-awas-ribuan.html
http://www.wralr.com/
http://www.wralr.com/
http://www.wralr.com/2017/09/gunung-agung-masuk-level-awas-ribuan.html
true
159681224339461331
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy