10 Situs Warisan Dunia Terbaru Dari UNESCO ini Patut Kamu Kunjungi, Ini Alasannya


Baru-baru ini, badan PBB yang menaungi pendidikan, keilmuan dan kebudayaan dunia atau UNESCO telah menetapkan 10 situs warisan dunia baru dari 21 tempat yang sudah terdaftar. Tujuannya yaitu untuk melestarikan serta memperkenalkannya pada dunia.

Dari ke 10 warisan budaya dunia baru yang terpilih, banyak di dominasi oleh peninggalan prasejarah dari masa lampau yang masih tersisa hingga kini, beberapa di antaranya adalah kuil Aphrodite di Turki dan kota Hebron di Palestina. Selain itu juga ada beberapa taman nasional cantik yang masuk dalam daftar situ warisan dunia baru.

Berikut adalah 10 situs warisan dunia baru UNESCO yang patut kalian kunjungi:

Taman Nasional Los Alerces, Argentina

Taman Nasional Los Alerces via nationalgeographic.co.id

Taman Nasional Los Alerces terletak di Pegunungan Andes sebelah utara Patagonia dan berbatasan dengan Chile di sebelah barat. Di sini, Kamu bisa menemukan danau yang sangat jernih dan dikelilingi oleh hutan tropis yang sangat lebat. Selain itu, Taman Nasional Los Alerces merupakan salah satu tempat yang tepat untuk melihat pemandangan gletser saat musim dingin. Taman ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang masih bersih dan alami.


Pulau Kulangsu, China

Pulau Kulangsu via kulangsuisland.org

Kulangsu merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di lepas pantai Xiamen, Cina bagian Tenggara. Untuk menuju kesana membutuhkan waktu sekitar 20 menit jika menggunakan feri dari kota besar terdekat. Pulau ini hanya dapat diakses oleh pejalan kaki saja, yang artinya tidak ada kendaraan bermotor di pulau tersebut. Dahulu, pulau unik ini merupakan pemukiman yang dihuni oleh para imigran dari berbagai penjuru dunia. Namun saat itu pulau Kulangsu menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin melihat peninggalan budaya sejarah disana.


Taputapuatea, French Polynesia

Taputapuatea via unesco.org

Taputapuatea merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang terletak di gugusan polynesia, dan merupakan bagian dari negara French Polynesia.

Pulau ini di tetapkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia baru UNESCO karena sejarah dan keunikannya. Di pulau ini banyak ditemukan kompleks Marae—pusat seremonial peninggalan dari peradaban Ma’ohi kuno. Selain itu di kawasan Taputapuatea, juga terdapat hutan, lembah, laguna, terumbu karang, dan lautan yang siap memanjakan pengunjung.


Lake District, Inggris

Lake District via telegraph.co.uk

Lake District adalah salah satu situs warisan dunia baru UNESCO yang paling banyak di kunjungi wisatawan, lokasinya berada di Taman Nasional Inggris Raya, atau sebelah barat laut Inggris. Menurut pernyataan UNESCO, keistimewaan Lake District terletak pada interaksi antara pengaruh sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan.

Daerah yang dianggap sebagai tempat lahir gerakan Romantisisme Inggris yang dipelopori oleh Wordsworth, Samuel Taylor Coleridge dan Robert Southey, itu menjadi Situs Warisan Dunia ke-31 Inggris.


Aphrodisias, Turki

Aphrodisias via mygola.com

Aphrodisias merupakan sebuah kuil peninggalan dari Aphrodite atau Dewi Cinta dalam mitologi Yunani. Kawasan ini dulunya merupakan pertambangan marmer dan sebagian masih ada sampai sekarang. Lokasinya terletak di barat daya Turki, Aprhodisias telah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang baru di Eropa Timur. Kuil-kuil terkenal yang ada di komplek ini antara lain, teater, agora, dan dua kompleks ruang mandi para dewa.


Tarnowskie Gory, Polandia

Tarnowskie Gory via wikipedia.org

Tarnowskie Gory merupakan sebuah pemukiman bekas tambang timbal, perak, dan seng yang terletak di jantung kawasan pertambangan Eropa tengah. Meskipun pertambangan telah berhenti pada awal 1900-an, eksistensi bukti tambang masih tetap terjaga. Anda bisa melihat peninggalan tambang tersebut di ruang bawah tanah. Selain itu disini juga bisa ditemui bangunan tua bekas pengolahan tambang dan juga ruang bawah tanah yang dulunya digunakan untuk menyimpan hasil tambang.


Sambor Prei Kuk, Kamboja

Sambor Prei Kuk via Pinterest

Sambor Prei Kuk terletak di provinsi Kampong Thom, 30 km sebelah utara dari pusat kota, atau 206 km sebelah utara dari ibu kota Kamboja, Phnom Penh.

Komplek ini dulunya merupakan ibukota dari Kekaisaran Chenla, pada akhir abad ke-6 hingga awal abad ke-7. Disini banyak ditemui kuil-kuil tua, bahkan salah satunya terdapat pohon yang mengakar pada kuil.


Asmara, Eritrea

Asmara via asmera.nl

Asmara adalah ibu kota dari negara Eritrea, sebuah negara di ujung timur Afrika. Kota ini terkenal dengan bangunan art deco nya yang sangat unik. Keunikan tersebut merupakan peninggalan dari kolonial Italia yang dulunya pernah menjajah negara tersebut. Beberapa yang paling terkenal adalah Katedral Katolik dan Istana mantan gubernur, yang berasal dari abad ke-19. Selain itu juga bisa ditemui Gedung Opera yang sangat cantik, yang dibangun pada awal 1900-an dalam perpaduan gaya yang klasik.


Ahmedabad, India

Ahmedabad via indiatoday.com

Ahmedabad adalah kota terbesar di negara bagian Gujarat, India bagian barat. Kota ini dibangun pada abad ke-15, sehingga banyak ditemui bangunan bersejarah yang sangat unik dan wajib untuk di kunjungi. Salah satu diantaranya adalah Museum Tekstil Calico, yang pernah menjadi rumah pedagang kain dari seluruh dunia pada masa lampau, tak heran kalau museum ini memiliki koleksi barang antik dan modern yang sangat lengkap dan terawat.


Hebron/Al-Khalil, Palestina

Hebron/Al-Khalil via wikipedia.org

Hebron atau nama aslinya Al-Khalil adalah salah satu kota paling tua yang masih dihuni di dunia. Kota ini sudah ada lebih dari 6000 tahun lalu. Al-Khalil menjadi kota ke-4 Palestina yang berhasil di tetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Kota ini menyuguhkan bangunan serta budaya masa lampau dari peradaban Islam, namun saat ini peninggalan sejarah yang masih tersisa sudah mulai terancam akibat invasi dari negara lain.

COMMENTS

Name

aneh,2,berita,32,fakta,7,hiburan,3,kesehatan,7,kuliner,1,lifestyle,28,misteri,1,mitos,1,motivasi,2,olahraga,11,otomotif,5,sains,6,Sejarah,2,tekno,7,travel,6,unik,12,viral,8,
ltr
item
Wralr: 10 Situs Warisan Dunia Terbaru Dari UNESCO ini Patut Kamu Kunjungi, Ini Alasannya
10 Situs Warisan Dunia Terbaru Dari UNESCO ini Patut Kamu Kunjungi, Ini Alasannya
UNESCO Kembali Menetapkan 10 Situs Warisan Dunia Baru, Tempat Mana Sajakah yang Terpilih?
https://3.bp.blogspot.com/-LZsI6gapM4E/WbLQoZ3H8hI/AAAAAAAAANQ/RVAR2BRDNhAWkmEEVfIzqHT86gcsYyNCgCLcBGAs/s640/Aphrodisias-Turkey.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-LZsI6gapM4E/WbLQoZ3H8hI/AAAAAAAAANQ/RVAR2BRDNhAWkmEEVfIzqHT86gcsYyNCgCLcBGAs/s72-c/Aphrodisias-Turkey.jpg
Wralr
http://www.wralr.com/2017/09/10-situs-warisan-dunia-terbaru-dari.html
http://www.wralr.com/
http://www.wralr.com/
http://www.wralr.com/2017/09/10-situs-warisan-dunia-terbaru-dari.html
true
159681224339461331
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy